I Sea You

I Sea You

Jika melihat data yang ada mengenai jumlah sampah di Indonesia, maka Bali menjadi salah satu kontributor paling besar. Merunut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, Provinsi Bali menghasilkan 915,5 ribu ton sampah di tahun 2021.

Angka tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam jenis sampah, di mana sampah jenis kayu mendominasi sebanyak lebih dari 40% dan disusul oleh sampah plastik di angka 18%. Sebagai daerah yang menggantungkan pendapatan utamanya pada pariwisata, isu mengenai sampah ini menjadi sebuah hal yang sangat penting. Kebersihan di berbagai tempat tentunya akan membuat sebuah tempat lebih menarik, tak terkecuali pantai.

Semangat memberantas sampah ini pun juga sampai ke Mitra Prodin, dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai. Kegiatan bersih pantai ini diadakan pada 26 hinggal 28 April 2023, di Pantai Hyang Bukit dan Pantai Pabean, area Gianyar. Keputusan menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih pantai ini juga berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mencatat bahwa Gianyar merupakan area kedua sebagai kontributor sampah terbesar di Bali, setelah Denpasar.

Kegiatan ini melibatkan 40 tim produksi Mitra Prodin, yang diakomodir oleh tim CSR Mitra Prodin. “Bagi kami, kegiatan ini sangat mencerminkan nilai-nilai RICE, terutama dalam semangat untuk terus berbuat baik dan saling tolong menolong satu sama lain. Semangat compassion ini yang sangat terlihat dalam kegiatan bersih-bersih pantai yang kami lakukan, sebagai bukti nyata kepedulian kami akan lingkungan dan masyarakat sekitar di area Gianyar,” ujar Miko, koordinator CSR Mitra Prodin.

(Kinanti)

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X