Tanggap Gempa

Tanggap Gempa

Hi RICE People, bencana alam sangat berpotensi terjadi dan tidak dapat diprediksi di jalur khatulistiwa kita yang tercinta ini. Fakta membuktikan sepanjang 6 bulan terakhir, Bali sudah mengalami lebih dari 2 kali gempa dengan index diatas 4.5 skala richter, dan lebih dari 5 kali gempa dengan index dibawah 4.5 skala richter. Jika terjadi gempa dan RICE People sedang berada di tempat kerja hal-hal tanggap darurat gempa berikut ini dapat dilakukan:

1.Jangan panik

2.Segera cari tempat untuk berlindung. Bisa di bawah meja atau bisa gunakan kursi RICE People untuk melindungi kepala, dan yang tidak kalah penting, jauhi benda-benda yang berpotensi untuk jatuh dan menimpa anda seperti tumpukan barang, lukisan yang menggantung dan juga kaca.

3.Tetap di dalam gedung sampai gempa berhenti. Perhatikan, jangan berlari keluar saat gempa masih berlangsung karena berbahaya. Rice People bisa tertimpa barang-barang yang terjatuh atau runtuhan bangunan saat gempa terjadi. Kalau gempa sudah berhenti dan lingkungan kerja aman, silahkan melanjutkan kegiatan bekerja. Tapi, kalau terjadi kerusakan pada fasilitas kerja anda, segera lakukan evakuasi. Keluarlah dari gedung tempat Rice People bekerja untuk menuju ke titik kumpul yang aman dan terdekat dari keberadaan anda saat itu. Titik kumpul berada di parkir green park atau depan IHC (in house clinic). Saat menuju titik berkumpul tidak perlu berlari, cukup berjalan cepat saja.

4.Jangan gunakan lift saat terjadi gempa, sebab gangguan listrik mungkin terjadi yang mengakibatkan kita terjebak di lift, getaran gempa juga sangat mungkin merusak konstruksi lift. Gunakan tangga yang disediakan dan berpegang pada handle tangga tersebut.

Semoga kita tetap aman dan nyaman dalam berkegiatan sehari-hari Rice People.

 

(Purnia, Rahmi, Sukma)

Edit Template

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X