MELASPAS GEDUNG BARU PT MITRA PRODIN DI JEMBRANA

MELASPAS GEDUNG BARU
PT MITRA PRODIN DI JEMBRANA

Pada tanggal 29 September 2023 bertepatan dengan bulan penuh keempat dalam kalender Bali atau dikenal dengan istilah purnama kapat. Purnama kapat dipilih sebagai hari untuk melaksanakan upacara melaspas Gedung baru PT. Mitra Prodin yang berlokasi di Kabupaten Jembrana, berdasarkan masukan dan saran dari beberapa Pemangku. Purnama kapat dipilih karena di purnama kapat dianggap hari yang sangat baik untuk melakukan yadnya/upacara salah satunya melaspas.

Dikutip dari https://www.posberitanasional.com/, Upacara Melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan bangunan secara niskala sebelum digunakan atau ditempati. Upacara ini termasuk Upacara Dewa Yadnya dan Butha Yadnya. Upacara Melaspas ini biasa dilaksanakan untuk setiap bangunan yang baru selesai dibangun dengan didahului dengan pelaksanaan Upacara Mecaru (korban suci untuk para Butha) dengan maksud untuk menyucikan bangunan dengan harapan dapat menjadi lebih kokoh dan nyaman bagi penghuninya.

Upacara Melaspas yang diselenggarakan ini cukup sederhana jika dilihat dari jumlah undangannya. Undangan yang hadirpun sebagian besar hanya dari perwakilan karyawan dari masing-masing department/divisi, perangkat desa setempat dan perwakilan dari pemerintah yang dalam hal ini dihadiri oleh Bupati Jembrana langsung.

Banyak doa dan harapan dipanjatkan pada upacara ini, tentunya tidak terlepas dari makna melaspas. Gedung baru dengan areal luas tanah kurang lebih 5 hektar tersebut rencana akan difungsikan sebagai tempat melaksanakan kegiatan bisnis linting kertas rokok sebagaimana kegiatan usaha PT. Mitra Prodin yang di Gianyar.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba sangat antusias dan tak hentinya memberikan doa agar usaha dari PT. Mitra Prodin lancar dan sukses sehingga diharapkan akan berdampak besar kepada masyarakat Jembrana pada khususnya. Terbukanya lapangan pekerjaan yang baru adalah salah satu dampak yang riil dari sebuah investasi ini dan hal tersebut tentunya akan berdampak juga pada roda perekonomian daerah.

Robert Hensby, Direktur Operasional PT. Mitra Prodin menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berjuang dalam Pembangunan pabrik PT. Mitra Prodin ini. Ia mengatakan bahwa pembangunan gedung ini adalah hasil kerja keras dari seluruh tim, masyarakat ditambah dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana. Besar harapannya agar bangunan ini menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para pekerja kelak.

Apresiasi dan doa juga hadir dari karyawan internal yang sekaligus menjadi panitia pada kegiatan kali ini, sebagaimana apa yang disampaikan Kadek Suryasih selaku Koordinator Seksi Banten mengatakan ”kegiatan upacara melaspas dan mecaru yang kita lakukan sudah sesuai rencana bahkan melebihi ekspektasi, kenapa demikian, karena saya pribadi merasa upacara yang kita lakukan seperti menyebarkan vibrasi energy positif . Sebelumnya kita hanya merencanakan panitia saja yang melakukan persembahyangan, namun ternyata semua tamu/undangan ikut melaksanan persembahyangan bersama dan melantunkan doa-doa untuk pembangunan/operasional Mitra Prodin di Jembrana kedepannya”.

Dewa Komang Kresna, selaku Ketua panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua tim yang sudah memberikan gagasan yang luar biasa, apresiasi setinggi-tingginya bagi panita terhadap kinerja yang luas biasa sehingga semua terkoordinasi dengan baik sehingga acara melaspas pun berjalan lancar, harapannya kedepan bangunan pabrik Jembrana ini bisa maksimal menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dan juga membantu perekonomian lingkungan sekitar baik langsung maupun tidak langsung. Ungkap Dewa sambil tersenyum.

( Bram )

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X