KOPERASI DARI KARYAWAN, UNTUK KARYAWAN, KEPADA KARYAWAN

KOPERASI DARI KARYAWAN, UNTUK KARYAWAN, KEPADA KARYAWAN

EKSISTENSI KOPERASI DI INDONESIA

Perkembangan zaman yang sedemikian cepat menyebabkan beberapa Lembaga-lembaga keuangan baru lahir dan tumbuh subur di Indonesia. Meski demikian bukan berarti Lembaga keuangan yang terdahulu sudah tidak relevan untuk dijalankan. Lembaga keuangan seperti Koperasi pun masih cukup dicintai dan diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dikutip dari antaranews.com bahwa Badan Pusat Statistik mencatat jumlah Koperasi yang aktif di Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 130.354 unit, berdasarkan data tersebut dapatlah dikatakan bahwa Koperasi masih sangat Eksis di Indonesia.

Koperasi sebagai lembaga keuangan yang berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong masih menjadi pilihan masyarakat karena di dalam Koperasi semua anggota memiliki hak yang sama antara satu dengan lainnya. Banyak karyawan diberbagai Perusahaan pada akhirnya mendirikan Koperasi dengan tujuan menciptakan wadah bagi karyawan Perusahaan itu sendiri untuk membantu sesama anggotanya. Bahkan jika Koperasi tersebut dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan. PT Mitra Prodin yang saat ini adalah salah satu perusahaan dengan jumlah karyawan terbanyak di Bali tentunya akan sangat baik jika memiliki koperasi sebagai organisasi untuk karyawan dapat saling bergotong royong meningkatkan kesejateraan melalui sistem sistem ekonomi kerakyatan.

WhatsApp Image 2023-12-12 at 13.26.44_49658381

LAHIRNYA KOPERASI UNTUK KARYAWAN DI MITRA PRODIN

Bermula dari diskusi sederhana atas cita-cita pendirian koperasi untuk karyawan, pada akhirnya beberapa karyawan PT. Mitra Prodin melakukan inisiasi dan rapat untuk pertama kali diselenggarakan pada tanggal 17 Januari 2023. Beberapa tahap pun dilalui seperti memohon penyuluhan dan arahan kepada Dinas Koperasi Kabupaten Gianyar terkait dengan pendirian Koperasi, menghimpun anggota dan menyiapkan seluruh dokumen sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setelah semua proses sudah matang dan mendapat restu dari Perusahaan, akhirnya 17 Mei 2023 lahirlah secara hukum koperasi untuk karyawan PT. Mitra Prodin dengan nama KOPERASI MITRA DIRGA NUSANTARA (”Koperasi MDN”).

Adapun struktur pengurus Koperasi MDN terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Bendahara, 2 (dua) Sekretaris dan 7 (tujuh) Pengawas. Koperasi MDN untuk saat ini merupakan Koperasi Konsumen yang mana kegiatan utamanya adalah perdagangan dan jasa. Hingga sampai artikel ini ditulis Koperasi MDN telah memiliki 257 anggota. Kami berharap anggota Koperasi MDN akan terus bertambah seiring dengan progres Pembangunan tempat usaha (toko) dan kami optimis ketika toko sudah beroperasional jumlah anggota akan bertambah secara signifikan, ujar Diana Jobul Ketua Koperasi MDN.

HARAPAN MENUJU KEMAPANAN UNTUK MASA DEPAN KOPERASI MDN

Jika tidak ada halangan, toko fisik dari Koperasi MDN akan buka sebelum Desember 2023 berakhir, tambah Diana Jobul dengan nada optimis. Ketua Pengawas Koperasi MDN, Antonius Wisnu Harijanto mengatakan Koperasi MDN memiliki peluang yang besar, karena pasar kami jelas dan potensi yang dapat direkrut menjadi anggota juga banyak. Kami untuk diawal akan fokus menjual kebutuhan-kebutuhan rumah tangga yang sekiranya menjadi kebutuhan wajib bagi para karyawan PT. Mitra Prodin. Terlepas dari pada itu, kami juga akan menjual snack dan minuman mengingat lokasi toko nantinya berada dipinggir jalan besar (Jalan Prof Dr I.B Mantra – Banjar Pabean) juga potensi lainnya berada disebelah ATM Centre sehingga adanya potensi orang umum berbelanja ketika berhenti untuk mampir ke ATM, terang Pak Anton (sapaan akrabnya).

MARI BERGABUNG BERSAMA KOPERASI MDN

Koperasi ini akan terus berinovasi dan berupaya untuk mengikuti perkembangan zaman terutama kemajuan teknologi. Tentunya kami akan mengembangkan fitur-fitur atau sistem yang mudah diakses oleh seluruh anggota sehingga nanti seluruhnya dapat pantau secara langsung dan transparan. Kegiatan-kegiatan usaha dari Koperasi pun pasti akan dikembangkan melihat potensi-potensi lain yang dibutuhkan oleh anggota. Untuk itu mari bergabung bersama di Koperasi MDN agar semangat gotong royong untuk kesejahteraan bersama bisa tercapai, tutup Diana Jobul dengan penuh semangat.

Informasi pendaftaran anggota Koperasi MDN bisa melalui [email protected]


(Bram)

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X