Qurban 2024

Qurban 2024

Dikutip dari https://fai.umsu.ac.id/apa-itu-qurban-sejarah-tujuan-syarat-dan-jenis-hewan/, Sejarah Qurban dalam Agama Islam berasal dari  kisah Nabi Ibrahim A.S, dan putranya, Nabi Ismail A.S, sebagaimana diceritakan dalam Al-Quran. Kisah ini menjadi landasan sejarah bagi Ibadah Qurban yang dilakukan oleh umat Muslim.

Menurut cerita dalam Al-Quran, Allah SWT menguji kesetiaan Nabi Ibrahim dengan memerintahkan beliau untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail. Nabi Ibrahim, yang taat kepada Allah SWT, bersedia melaksanakan perintah tersebut. Namun, ketika Nabi Ibrahim bersiap untuk mengurbankan putranya, Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba sehat dan besar sebagai pengorbanan.

Kejadian ini menjadi peristiwa yang penting dalam sejarah Agama Islam, menandakan kepatuhan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S  kepada kehendak Allah SWT. Ibadah Qurban dalam agama Islam diyakini sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian yang mengikuti contoh tersebut.

Pada hari raya Idul Adha Tanggal 17 Juni 2024 kemarin, PT Mitra Prodin berqurban 1 ekor kambing  yang diserahkan ke Masjid Al Abror Pabean yang berlokasi di Jalan Desa Br. Pabean Ketewel Sukawati, Kabupaten Gianyar. Masjid ini didirikan oleh masyarakat ketewel dan menjadi tempat Sholat Jumat bagi pekerja muslim di Mitra Prodin saat ini, dan juga sebagai tempat pelaksanaan Ibadah Ummat Muslim disekitarnya.

Mitra Prodin sendiri sudah berqurban dari tahun 2022 di masjid Al Abror Pabean. Qurban ini sebagai bentuk rasa peduli PT Mitra Prodin terhadap warga muslim yang tinggal di daerah Ketewel, Gianyar.

Tahun 2024 ini, pembelian qurban diwakili oleh Bapak Alan dari IT Department, Bapak Alan juga yang mengantarkan qurban ini untuk masjid Al Abror Pabean.

Semoga qurban ini menjadi inspirasi bagi RICE People sekalian untuk menjalani semangat Qurban dan berbagi  dalam lingkungan masing-masing.

(Shanen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X