Obat Tradisional

Obat Tradisional

Satu Obatnya, Berjuta Manfaatnya

Dewasa ini perkembangan tentang ilmu obat-obatan untuk kesehatan manusia sangat maju dengan pesat, terutama di negara-negara maju. Salah satunya Indonesia, yang memiliki keaneka ragaman hayati yang sangat lengkap, sehingga menjadi negara pengobatan herbal terbaik didunia, dan menduduki urutan ke-dua dengan tanaman obat tradisional terbanyak setelah Brazillia. Hanya saja, pemahaman Masyarakat Indonesia terhadap obat tradisional sangat beragam dari yang sangat percaya bisa menyembuhkan penyakit sehingga menimbulkan kecanduan dan ada yang tidak percaya terhadap khasiat obat tsb.

Di Indonesia terdapat 3 macam Obat Herbal yang di umumkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yaitu:
 
1. Obat Tradisional (Jamu, Obat tradisional Impor, Obat Tradisional Lisensi)
 
2. Obat Herbal Terstandar (OHT)
 
3. Fitofarmaka
 
Mari kita lihat lebih dekat tentang obat herbal yang nomor 1, apakah kamu tahu apakah obat tradisional itu? Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang terdiri dari bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut , yang secara turun temurun telah digunakan  untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.
 
Berbagai obat tradisional tersebut dapat kamu temukan dengan mudah dimana saja. Untuk menggunakan dan mengkonsumsinya juga tidak sulit, karena rata-rata hanya perlu diseduh dengan air mendidih,  dan dinginkan sebentar untuk diminum. ng tidak percaya terhadap khasiat obat tsb.
Contoh obat herbal tradisional penurun panas alami yang sangat efektif yaitu salah satunya temulawak, temulawak mempunyai fungsi sebagai antibiotic dan anti peradangan, warnya putih kuning atau kuning muda dan cukup mudah ditemukan di pasar tradisional , temulawak juga sangat efektif untuk menurunkan panas karena memiliki zat aktif germacrene dan alpha betha curcumena. Untuk cara mengkonsumsi teh temulawak sangat mudah yaitu: 
 
Bahan teh temulawak:
 
• 1-2 sendok the(5-10 gram) bubuk temulawak atau temulawak yang sudah dihancurkan
 
• 220 ml air panas
 
• Bubuk kayu manis atau madu
 
Cara membuat teh temulawak:
 
• Seduh serbuk temulawak dengan 1 cangkir (220ml) air mendidih
 
• Matikan api dan diamkan sewaktu-waktu
 
• Saring teh temulawak untuk menghilangkan ampas
 
• Tambahkan bubuk kayu manis atau madu sebagai pemanis alami
 
• Teh temulawak hangat siap dikonsumsi
 
Banyak orang yang mempercayai kalau pengobatan tradisional mampu menyembuhkan segala macam penyakit . Baik penyakit dalam maupun penyakit luar, selain itu pengobatan tradisonal dikenal lebih alami tanpa adanya efek samping yang serius sehingga dapat di lakukan oleh siapa saja dengan catatan jamgan mengkonsumsi secara berlebihan.
 
Setelah membahas tentang obat tradisioanal diharapkan kita bisa lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi obat tradisional , istirahat yang cukup dan ingat jaga pola makan ya….
 
 
(The DER)

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X