Seminar di Health & Safety Month 2024

Seminar di Health & Safety Month 2024

Salam K3 Rice People!

Sesuai dengan regulasi Kepmenakertrans No. 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024, EHS melaksanakan beberapa kegiatan untuk Bulan K3 di tahun 2024 ini loh. Bertemakan “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” maka EHS mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif terkait K3 terhadap teman-teman MP disini! Mulai dari kegiatan seminar, donor darah, pemeriksaan kesehatan, cerdas cermat hingga kuis!

Seminar yang diadakan di Bulan K3 atau disebut HS Month 2024 disini terdiri atas Seminar Mental Health (Stress Management), Seminar Kesehatan Reproduksi dan Seminar Gizi dan Diet Sehat. Seminar-seminar ini diadakan dari tanggal 17 sampai 19 Januari 2024 di Kantin BB.

Semua pemateri dari tenaga medis dan non medis RS. Bhakti Rahayu lho, whose is our IHC medical professionals! Kegiatan seminar ini dihadiri rata-rata sebanyak 96 karyawan per seminar dan dari floor dan departemen yang berbeda.

Pada Seminar Stress Management yang disampaikan oleh Bu Mira Paramitya., Psikolog, antusiasme peserta sangat tinggi loh! Materi yang disampaikan ada evaluasi tingkat stress masing-masing peserta, pengenalan tentang stress, cara untuk merespons stress hingga cara untuk mengurangi dan meringankan stress. Bu Mira juga menjelaskan bahwa stress juga ada yang berdampak baik (Eustress) dan ada yang berdampak negatif (Distress). Jadi peserta diharapkan bisa mengelola stressnya dengan Teknik yang diajarkan seperti Teknik Grounding dan Square Breathing.

Tak kalah menarik, di hari kedua seminar yaitu seminar dengan topik Kesehatan Reproduksi. Kalau materi ini, sepertinya sudah cukup jelas tingginya antusiasme peserta. Dengan pemateri oleh dr. Eka Rahayu Dewi, M.Kes, peserta dapat belajar terkait organ-organ reproduksi baik dari wanita maupun pria dan cara merawatnya. Selain itu, dr. Eka juga menyampaikan untuk lebih aware terhadap penyakit-penyakit menular seksual (gejalanya, pencegahannya, pengobatannya dan komplikasi yang dapat timbul akibat penyakit menular seksual!).

Berdasarkan hasil MCU rutin tahunan yang dilaksanakan di MP, ternyata banyak karyawan MP yang tergolong berat badan berlebih. Concern tersebut yang menggerakan EHS untuk mengadakan seminar dengan materi terkait Gizi Pekerja dan Diet Sehat. Tapi bukan berarti yang mengikuti seminar ini cuman yang tergolong obesitas yaaa. Materi disampaikan oleh dr. Yaumil Khalida Putri berisi tentang pedoman gizi seimbang yang dianjurkan oleh Kemenkes, evaluasi kebutuhan kalori perhari masing-masing peserta hingga olahraga dan cara-cara yang dapat diterapkan agar berat badan dapat ideal berdasarkan perhitungan berat badan ideal.

Materi-materi Seminar yang diadakan di HS Month 2024 ini dapat diakses di https://linktr.ee/Bhaksena . EHS berharap agar dapat menambah wawasan yang luas terkait fenomena kesehatan karyawan dan cara menghadapinya. Semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat ya, RICE People!

 

(Farin Pretty Mandasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X