Mari Berjuang Untuk Bumi Yang Lebih Sehat

Mari Berjuang Untuk Bumi Yang Lebih Sehat

Backsound membaca artikel ini -> https://www.youtube.com/watch?v=XAi3VTSdTxU ( Earth Song by Michael Jackson)

Salam K3 RICE People!

Bumi kita diciptakan begitu indahnya, terlebih kita sekarang bertempat tinggal di Pulau Bali yang merupakan pulau yang memiliki keanekaragaman ekosistem dan budaya. Tapi tahukah RICE people bahwa bumi kita sekarang butuh bantuan agar tetap terjaga kelestariannya? Maka dari itu, PBB mengakui setiap tanggal 22 April sebagai hari bumi dan merayakannya sebagai “International Mother Earth Day” untuk menghormati pencapaian gerakan lingkungan dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga dan melindungi Sumber Daya Alam Bumi untuk generasi mendatang.  

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui Hari Bumi.  Karena di Indonesia sendiri masyarakat banyak yang mengetahui Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup sedunia selain sejarahnya. Pada tanggal 22 April 1970, seorang anggota dewan dari Amerika Serikat, Gaylord Nelson dan seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Harvard, Denis Hayes memberikan edukasi tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Edukasi ini dihadiri oleh 20 juta orang di seluruh Amerika Serikat sehingga aksi ini termasuk aksi terbesar terkait lingkungan hidup. Tetapi tujuan dasar dari kedua hari besar tersebut adalah agar masyarakat lebih peduli terhadap bumi yang semakin hari terlihat semakin rusak.

RICE People bisa merayakan hari bumi dan membantu menjaga kelestarian bumi dengan hal-hal sebagai berikut.

1. Waste Warrior

Tahukah RICE People bahwa sampah plastik membutuhkan waktu lebih dari 450 tahun agar dapat terurai di tempat pembuangan sampah? Waste warrior disini bukan berarti RICE People menjadi berjuang banyak membuang sampah ya. Tetapi yang dimaksud adalah RICE People dapat berpikir dahulu sebelum membuang sesuatu, apakah sampah tersebut dapat di daur ulang (recycled), bisa digunakan kembali (repurposed), atau membatasi (limit) barang yang akan di beli sehingga sampah yang dihasilkan berkurang. Selain itu, MP juga sudah mengupayakan pemisahan limbah berdasarkan karakteristiknya. Maka dari itu, rekan – rekan RICE harap bisa lebih bijak dalam membuang sampahnya ya.

2. Tanam pohon

Para peneliti memperkirakan sekitar 15 miliar pohon di dunia ditebang setiap tahunnya, maka dari itu, mari bantu mengimbangi kerugian tersebut dengan menanam pohon. Pohon menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen agar manusia dapat bernapas. FYI, rekan-rekan RICE bisa support dengan membawa benih/bibit pohon sendiri dan menanamnya di lahan pabrik kita lho! Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi EHS ya~

3. Matikan listrik yang tidak perlu

Rekan-rekan RICE dapat membantu menjaga kelestarian bumi kita dengan memiliki kesadaran untuk mengurangi konsumsi energi listrik, baik di kantor maupun di lingkungan sehari-hari. Contoh – contoh tindakan mengurangi konsumsi energi listrik adalah menggunakan lampu TEL atau LED yang berdaya rendah, mencabut charger handphone jika tidak digunakan, dan lain-lain. Coba yuk menghemat energi listrik dengan hanya menggunakan seperlunya saja.

4. Membatasi penggunaan air

Tampaknya air bersih ada dimana-mana, namun tahukah rekan – rekan RICE bahawa kurang dari satu persen air di bumi dapat dimanfaatkan oleh manusia (penelitian mengatakan sisanya air terlalu asin atau sulit diakses). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menghemat air dengan tidak membiarkan keran terbuka.

5. Mengedukasi diri sendiri dan orang lain tentang pentingnya pelestarian lingkungan serta cara berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam

Dengan adanya peringatan hari bumi sedunia ini, RICE people dapat meningkatkan kepedulian terhadap bumi kita ini dengan suatu aksi nyata. Kelestarian bumi bukanlah tanggung jawab perorangan, namun kelestarian bumi menjadi tanggung jawab semua pihak yang hidup di bumi tanpa terkecuali. Lagu Michael Jackson dengan judul Earth Song dapat menyadarkan kita bahwa semakin hari bumi tidak baik-baik saja jikalau tidak dijaga dengan baik. Maka dari itu, mari kita jaga kelestarian bumi kita, Semakin banyak orang yang melakukan hal ini, semakin baik pula keadaan planet kita RICE People!

(Farin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X