Palang Merah Untuk Dunia Yang Berkeprimanusiaan

Palang Merah Untuk Dunia Yang Berkeprimanusiaan

palang-merah

Salam K3 Rice People!

Adakah dari rekan-rekan RICE yang tahu Palang Merah Remaja (PMR)? Atau salah satu dari rekan-rekan RICE anggota adalah anggota PMR ketika masih jaman sekolah dulu? Merujuk pada flashback tersebut, setiap tahunnya pada tanggal 8 Mei, dunia merayakan Hari Palang Merah Internasional. Tanggal ini dipilih dalam rangka memperingati kelahiran Henri Dunant, seorang pengusaha dan aktivis sosial  berwarganegara Swiss dan pendiri Palang Merah Internasional. Tidak dapat dipungkiri bahwa Palang Merah berperan penting dalam membangun solidaritas kemanusiaan di dunia.

Awalnya…

Pada saat Perang Solferino tahun 1959, Henry Dunant menyaksikan ribuan prajurit terluka yang tidak mendapatkan perawatan medis. Dunant di dalam Perjanjian Jenewa mengusulkan pembentukan organisasi bantuan kemanusiaan yang netral serta melindungi tentara yang terluka di medan perang dengan prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah.

Keadaan saat ini?

Krisis kemanusiaan tidak pernah mengenal waktu. Bencana alam, konflik, dan kemiskinan terus menciptakan situasi darurat yang membutuhkan penanganan cepat dan efektif. Palang Merah berperan penting dalam merespon situasi-situasi tersebut. Tetapi dukungan dari masyarakat luas tetap diperlukan. Tantangan kemanusiaan yang dihadapi masyarakat saat ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, pentingnya donor darah dan cara-cara untuk membantu sesama dalam keadaan darurat.

Aktivitas dan kontribusi yang dapat diterapkan:

  1. Donor darah

Salah satu cara paling langsung untuk menyelamatkan nyawa adalah dengan mendonorkan darah. Setiap tetes darah yang rekan-rekan sumbangkan bisa menjadi penyelamat bagi seseorang yang berada dalam kondisi kritis. Dalam beberapa acara yang dilaksanakan oleh Mitra Prodin, terdapat kegiatan donor darah didalamnya. Yuk berpartisipasi dalam donor darah RICE People!

  1. Pelatihan pertolongan pertama.

Menjadi petugas P3K memberikan rekan-rekan kesempatan untuk terlibat langsung dalam berbagai program kemanusiaan. Petugas petugas P3K di Mitra Prodin selalu diberikan refreshment training untuk selalu terampil dan mampu dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.

  1. Sosialisasi dan Edukasi

Penyebaran informasi terkait pentingnya bantuan kemanusiaan dan bagaimana dapat terlibat dapat diterima melalui sosialisasi dan edukasi. Semakin banyak orang yang mengetahui dan terinspirasi untuk berpartisipasi, semakin besar dampak positif yang dapat kita capai bersama.

  1. Donasi: Bantuan finansial sangat penting untuk mendukung berbagai operasi kemanusiaan. Donasi rekan-rekan , berapapun jumlahnya, membantu Palang Merah untuk terus memberikan bantuan medis, makanan, dan perlindungan kepada mereka yang paling membutuhkan.

Hari Palang Merah Internasional kini di seluruh dunia. Peringatan ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya solidaritas dan kerja sama untuk menciptakan dunia lebih baik dan lebih berkeprimanusiaan. Yuk selalu berkontribusi dalam  kebaikan dan membantu mereka yang membutuhkan.

(Farin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X