HARI LAHIR PANCASILA

HARI LAHIR PANCASILA

Setiap tanggal 1 Juni, kita memperingati hari kelahiran Pancasila. Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Sejarah singkat

Pancasila adalah dasar negara Indonesia berasal dari Bahasa sansekerta yang terdiri dari panca dan sila. Panca sendiri memiliki arti “lima” sedangkan sila memiliki arti “prinsip”. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelahiran Pancasila sebagai dasar negara ini bermula dari sidang BPUPKI yang diselenggarakan pada tanggal 1 Juni 1945. Sidang BPUPKI pertama diselenggarakan di Gedung Chuo Sangi In, yang saat ini sudah berubah menjadi Gedung Pancasila. Hadir dalam sidang ini adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Soekarno mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia melalui pidatonya dalam sidang ini.

Konsep awal Pancasila itu kemudian dibahas oleh Panitia Sembilan dan berikutnya dituangkan dalam piagam Jakarta. Pada tanggal 18 Agustus 1945, melalui berbagai rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Pancasila disetujui untuk diletakkan pada Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia.

Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

Pancasila sendiri merupakan rumusan dan pedoman kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila yang digambarkan dengan lambang seekor Burung Garuda memiliki makna sumber kekuatan, dan warna emas melambangkan kemuliaan.

Tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila baru ditetapkan pada tahun 2016, yaitu pada era presiden Joko Widodo. Penetapan ini dimuat dalam Keppres RI No.24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Selain menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari lahir Pancasila, keppres ini juga mengesahkan bahwa tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Jadi sudah tahu kan kemarin kita libur hari besar apa?

(Fia)

Edit Template

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X