Tanggap Kebakaran

Tanggap Kebakaran

Hi RICE People yang Namanya kebakaran, wajib ditanggapi dengan segera dan cermat. Inilah yang ingin kami sajikan pada artikel tanggap kebakaran kali ini.

Hal yang harus RICE People ingat jika terjadi kebakaran adalah Jangan Panik, laporkan adanya kebakaran ke Guru atau Supervisor segera. Hal yang juga sangat penting, adalah segera gunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang diletakkan pada posisi terdekat anda.

Padamkan api dengan cara yang benar dan aman. Sambil menunggu proses pemadaman, RICE People harus memperhatikan dan mendengarkan arahan dari Guru atau Supervisor, dengarkan, apakah RICE People masih bisa ada di lokasi atau harus melakukan evakuasi diri (menyelamatkan diri). Jika Guru atau Supervisor memberikan arahan untuk menyelamatkan diri, lakukan evakuasi dengan tertib. Carilah pintu keluar terdekat dan keluar dari gedung untuk menuju ke titik kumpul yang aman dan terdekat dari tempat RICE People berada saat itu. Perhatikan langkah anda, jangan berlari, perhatikan kondisi sekeliling jalur evakuasi anda dan tetap awas jika ada halangan maupun material, benda, yang mungkin runtuh, agar tidak tertimpa.

Lepaskan sepatu hak tinggi karena menyulitkan dalam langkah kaki. Janganlah membawa barang yang lebih besar dari tas kantor/tas tangan. Beritahu orang lain yang masih berada didalam ruangan lain untuk segera melakukan evakuasi. Bila api dirasa membesar jangan panik dan tetap tertib, segera meninggalkan gedung sesuai petunjuk/jalur yang ada. Bila pandangan tertutup asap, berjalanlah dengan merangkak menghindari kepulan asap, berpegangan pada tangga, atur pernafasan pendek-pendek jangan berbalik arah karena akan bertabrakan dengan orang-orang dibelakang dan menghambat evakuasi. Jadi segeralah menuju titik kumpul. Sesampainya di titik kumpul, berbarislah dengan tertib & jangan lupa laporkan keberadaan RICE People ke Guru atau Supervisor.

(Purnia, Rahmi, Sukma)

Edit Template

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Daftar di Digital Bulletin Join

X